Budidaya Tomat

Tomat adalah salah satu buah yang banyak digunakan untuk keperluan memasak atau konsumsi langsung. Setiap kali mulut terkena sariawan, banyak orang langsung membuat jus tomat untuk membantu penyembuhannya. Kalau ingin membuat salad, rasanya kurang mantap tanpa adanya buah yang bernama tomat ini. Apalagi membuat sup yang rasanya segar, kurang nikmat tanpa campuran potongan tomat di dalamnya. Jadi, tomat merupakan buah yang sangat dicari oleh orang karena berbagai manfaat dan fungsinya bagi kesehatan.

Selain itu, tomat dapat menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan. Ada dua macam jenis tomat, yaitu tomat buah dan tomat sayur. Keduanya memiliki khasiat yang sama. Perbedaannya hanyalah pada bentuk dan ketebalan kulitnya.

Tomat buah memiliki bentuk lonjong dan kulit yang lebih tebal sedangkan tomat sayur berbentuk bulat dengan ketebalan kulit yang lebih tipis. Tomat buah biasa dikonsumsi dengan cara dibuat jus atau dimakan langsung sedangkan tomat sayur dijadikan bahan pelengkap atau campuran masakan.

Banyak program budidaya tomat yang mudah diikuti dengan modal yang ekonomis. Dengan begitu, tomat lagi-lagi telah membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat dari buah tomat di antaranya:



  • Mengkonsumsi tomat buah secara teratur dapat membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Konsumsilah tomat buah dengan cara dijadikan jus atau dijadikan bahan pembuat masker alami. Tomat mengandung karoten dan vitamin C yang berguna sebagai zat antioksidan bagi tubuh.
  • Obat alami untuk sariawan atau gusi berdarah. Untuk pencegahan lebih baik konsumsi 1-2 buah tomat setiap harinya sedangkan untuk pengobatan sebaiknya konsumsi tomat yang banyak untuk penyembuhan lebih cepat.
  • Mengobati sembelit atau sulit buang air besar. Bagi yang tidak suka dengan rasa dan baunya, dapat mencampurkan gula putih agar terasa lebih manis. Bila tak suka dengan rasa tomat setelah dibuat jus, campurkan jeruk lemon atau wortel untuk membuat rasa jus lebih nikmat dan segar.
  • Membantu melawan penyakit stroke dan jantung. Beberapa peneliti membuat kesimpulan bahwa cairan berwarna kuning yang terdapat di sekeliling biji tomat mengandung zat tertentu yang berkhasiat untuk mengobati penyakit stroke dan jantung.
  • Mencegah kanker. Zat lycopene yang membuat tomat berwarna merah berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker perut. Mengkonsumsi tomat akan berakibat baik bagi pencernaan, itulah sebabnya tomat dapat mencegah penyakit kanker perut. Bila pencernaan baik maka kanker pun akan menjauh.
  • Menyembuhkan bisul. Cara untuk menyembuhkan bisul yang membuat sebal pemiliknya adalah dengan memanaskan daging serta kulit tomat, lalu taruh di atas bisul dalam keadaan masih panas. Diamkan sebentar hingga dingin lalu cuci. Lakukan cara ini berulang-ulang hingga bisul menjadi matang dan pecah sendiri.

Apa saja yang harus dilakukan sebagai langkah pertama dalam usaha budidaya tomat? Berikut urutannya:

Artikel Lain tentang budidaya tomat klik disini. Semoga Bermanfaat🙂

    Baca Selengkapnya…

    Pos ini dipublikasikan di Pertanian, Tomat. Tandai permalink.

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s