Budidaya Buah Stroberi

PENDAHULUANBentuk buah ini seperti hati dengan warna merah menyala. Karenanya sangat pas sebagai simbol dewi cinta. Buah yang sudah ditanam sejak abad 13 ini memiliki rasa manis, segar yang sarat vitamin dan mineral. Prospek agribisnis strowberry di Indonesia cukup cerah dilihat dari daya serap pasar dan permintaan dunia dari tahun ke tahun meningkat.
Dengan semangat ramah lingkungan PT. Natural Nusantara berperan dalam  meningkatkan Kuantitas, Kualitas dan Kelestarian terhadap lingkungan pada budidaya strowberi ini.

Khasiat
Rasa manis segar buah strawberry ternyata memberi manfaat besar buat tubuh. Kandungan vitamin A, C, B, Kalsium, Posfat, dan Magnesium yang cukup besar untuk pemenuhan kebutuhan tubuh. Misalnya, kandungan vitamin sebesar 56.700 mg per 100 gram strawberry membuat buah ini sangat baik sebagai antioksidan, sekaligus penghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Sementara kandungan lemak yang rendah, kolesterol rendah dan serat yang tinggi membuat strawberry sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes atau ingin menurunkan berat badan.
SYARAT PERTUMBUHANLama penyinaran matahari 8 – 10 jam hari. Curah hujan berkisar 600 700 mm pertahun. Suhu udara optimum antara 17°C – 20°C dan suhu udara minimum antara 4°C – 5°C dengan kelembaban udara 80% – 90%.Ketinggian tempat yang ideal antara 1000-2000 m dpl

PENGOLAHAN LAHANSebelum lahan dibajak digenangi air lebih dahulu semalam. Keesokan harinya dilakukan pembajakan sedalam sekitar 30 cm, setelah itu tanah dilakukan pengeringan baru dihaluskan.

PEMBENTUKAN BEDENGANBentuk bedengan dengan ukuran lebar 80-120 cm, tinggi 30 – 40 cm, jarak antar bedengan 60 cm, panjang menyesuaikan keadaan lahan.

PENGAPURANBerikan dolomit sekitar 100-200 kg per 1000 m2 sesuai kondisi lahan.

PEMUPUKAN DASARTaburkan pupuk UREA 20 kg + TSP 25 kg + KCl 10 kg dan Pupuk kandang 2-3 ton dalam 1000 m2. POC NASA disiramkan 30-60 tutup/1000 m2 ditambahkan air secukupnya. Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, POC NASA diganti SUPERNASA caranya yaitu 1 botol SUPERNASA diencerkan dalam 3 liter sebagai larutan induk, kemudian ambil 50 liter air dan tambahkan 200 cc larutan induk tadi.Setelah itu siramkan ke bedengan secara merata. 1 botol SUPERNASA bisa untuk 1000-2000 m2

Baca Selengkapnya…

Pos ini dipublikasikan di Buah, Pertanian, Strowberry. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s